Bunsay IIP, Dunia Anak, Dunia Emak, Essai, Foto dan Cerita, ODOPers

I Love Math #4 : Memikul Berat

Hari ini aktivitas matematika sederhana bersama Khanza hanya sampai tengah hari. Pagi-pagi Khanza masih ceria kesana-kemari sambil bermain puzzle angka sampai membawa karpet plastik di pundaknya. Meskipun Shubuh tadi BABnya encer dan bolak-balik ke kamar mandi berkali-kali. Senyuman dan celotehnya terus menghiasi wajahnya. 

Hingga siangnya Khanza menyerah dan hanya merebah di kamar. Ternyata suhu badannya naik. Makan pun enggan. Tak mau bangkit sama sekali. Hanya mengiba dan merengek terus untuk ditemani. Sesekali saya membujuknya untuk keluar kamar hanya untuk membersihkan pupnya yang keluar tak tertahan. Setiap ia meringis dalam posisi telungkup berarti kode agar saya segera membawa Khanza ke kamar mandi. 

Memikul berat, pelajaran berharga hari ini. Khanza saat sehat sebenarnya anak yang kuat. Bahkan ia mampu membawa karpet plastik yang digulung sambil bermain peran sedang berjualan. “Bunda ini berat karpetnya. Ayo beli Bun.” 😅😊

Kemudian ia bergerak memasang puzzle angka dan memeragakan angka satu dengan jari. Diakhiri dengan ekspresi lucunya saat memeragakan diri seperti bunga, memasukkan wajah dalam lingkaran puzzle angka nol.

Makna berat bagi Khanza sangat sederhana. Sesuatu yang membutuhkan usaha lebih untuk meraihnya. Termasuk membawa karpet plastik yang mungkin ringan bagi orang dewasa. Cukuplah berat hanya menjadi sebutan atas realitas yang bisa diukur dengan angka. Bukan semacam apologi atau sebutan berbentuk keluhan. Mengenal berat berarti Khanza nantinya harus belajar makna ringan. Seperti setiap kesulitan yang dirasa berat akan berganti dengan ringannya kemudahan yang Allah gariskan. 

#Tantangan10Hari #Level6 #KuliahBunsayIIP #ILoveMath #MathAroundUs

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s