Halo Duta Sayuran!

Semester 2 ini (2017-2018) angkatan Eightcellent SMPHT punya misi “Menjadi Duta Sayuran”. Waaaaw, gimana ya step by step-nya? Kalian pasti bertanya-tanya. Duta sayuran itu semacam pemilihan “Mojang-Jajaka” bukan sih? πŸ˜…πŸ˜„ Bisa iya, bisa tidak. πŸ˜ƒ
Yuk kita simak visualisasi Doodle di bawah ini… πŸ˜‰

Fokus utama topik pembelajaran serba-serbi sayuran. 

Khususnya sayuran yang sudah dipilih di awal semester secara diundi. Misalnya, anak yang kebagian menanam bibit tomat πŸ…, maka ia harus menguasai segala informasi tentang tomat, mulai dari menanam, kandungan nutrisinya, sampai jenis olahan berbahan dasar tomat. Meskipun demikian, anak-anak tetap memahami sayuran lebih dulu secara umum.  

Oiya, semester ini juga Prakarya bekerjasama dengan beberapa mata pelajaran seperti IPA meliputi struktur tumbuhan. PLH tentang menanam sayuran tertentu seperti wortel, sosin, tomat, bayam, cabe merah, cabe rawit, dan bawang daun. Bahkan Bahasa Indonesia juga mengangkat cerita fabel sayuran. Terakhir mapel Teacher Library (TL) yang juga memfasilitasi bahan bacaan yang dibutuhkan terkait sayuran. 

πŸ“œBelajar MemvisualisasikanπŸ’‘

Amunisi terbaru prakarya semester ini selain sketchbook dan drawing pen, juga menggunakan waterbrush dan palet warna. Hmm untuk apa ya? Kalau selama ini kita terbiasa mengenal lukisan hanya di kanvas, kini kita belajar melukis dikolaborasikan dengan doodle. Belajar motorik halus juga visualisasi tentang sebuah topik. Nggak bisa gambar? πŸ˜ΆπŸ˜‘ Jangan cemas. Yang penting banyak berlatih yaaa. Lama-lama kita akan terbiasa dan menemukan bentuk tersendiri. 

πŸ“πŸ“±Membuat Blog Pribadi 

Hey duta sayuran harus punya blog sendiri lho! πŸ˜ƒ Kenapa sih harus? Secara kalian termasuk generasi milenial yang lekat sekali dengan media sosial. Jadi, gak ada alasan untuk nggak punya blog pribadi. Kalau akun IG aja kalian bisa punya banyak, masa sih punya satu blog pribadi nggak bisa??? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ 

Blog pribadi ini jadi media efektif juga untuk berbagi konten positif. Kontennya seperti apa ya? Nantinya blog kalian harus memuat cerita khas kalian sendiri dan karya visualisasi 3 jenis. Visualisasi ini meliputi Doodle, Desain Grafis, dan Foto. Waahh 😱😱😱 kalau nggak bisa buatnya gimana, Bu? Tenang… Bisa karena terbiasa dan banyak latihan. Nah kita memahami dulu karakteristik 3 konten ini dan bisa praktek membuat SATU saja. Kalau mau share variasi ketiganya LEBIH KEREN lagi. πŸ˜™πŸ˜

Belajar Blogwalking! Kita juga bakal praktek jalan-jalan di blog teman agar saling baca, like, dan comment. Lewat apa ya biar praktis? Jangan lupa pindai QR-Code yang ada di area kelas kalian. Nah nantinya, kalian juga bisa print masing-masing visual QR Code agar lebih praktis saat blogwalking.

πŸ’» SHOW UP for MPMP

Bulan Februari nanti tepatnya Selasa, 20 Februari 2018, kelas 7 dan 8 akan tampil kedepan untuk MPMP (My Project My Presentation). Jadi, gimana itu teh? Intinya kalian belajar Show Up alias tampil depan teman-teman untuk presentasi topik tertentu. Semuanya tanpa terkecuali. Ayook siapkan diri ya! 

Di kelas pembelajaran Prakarya, kita akan sama-sama belajar buat konten presentasi yang eye-catching kayak gimana sih? Jadi, pastikan siapkan amunisinya. Yakni laptop yang kompatibel. Bisa dikerjakan di sekolah agar langsung praktek. Kalaupun jika tidak bisa bawa laptop, boleh praktek di rumah kok… 😊

Proyek Tengah Semester : Kreasi Mengolah Sayuran

Nah ini jadi proyek berkreasi spesial yaaa. Karena kalian akan mengolah sayuran sesuai undian di awal semester. Syukur-syukur kalau sayuran yang diolah hasil kalian sendiri saat diberi bibit di sesi PLH. Kalaupun nantinya, tanaman sayur kalian malah layu di perjalanan. Prakarya memberikan keluangan untuk mengolah sayuran yang dibeli. Asal varian sama sesuai undiannya. 😊 

Terakhir… Proyek Akhir Semester : Pameran Duta Sayuran
Nah konten yang dipamerkan pada sesi akhir semester ini adalah cikal-bakal dari konten blog pribadi yang di-share sebelumnya. Jadi, pastikan karya yang dibuat benar-benar dirancang sedemikian rupa ya. Apa saja sih kontennya? Bisa Doodle, visual desain, dan foto. Tentang sayuran tentunya. 

Intinya lewat pembelajaran ini kita praktekkan literasi visual dan digital. Sudah saatnya kita melek literasi. Bagaimana bisa membaca informasi bermanfaat juga menciptakan konten yang menginspirasi.

Itulah penjabaran rencana pembelajaran semester dua ini. Semoga kalian bisa menyiapkan lebih baik ya. Belajar menjadi duta sayuran berarti menghargai dan mensyukuri apa yang Allah tumbuhkan dari akar. Jangan heran jika nantinya kita juga akan menyerap beberapa ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sayuran.

#ODOPfor99days #PrakaryaSMPHT #DutaSayuran #PrakaryaKelas7

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s