doodling, ODOPers, Pendidikan, PRAKARYA SMPHT

Hai Pecinta Umbi!Β 

Umbi… Umbi… Umbi… Umbi….🎢🎡🎼

Eh, bukan ya. Itu mah lagu Ummi. 😊 Semester di ujung kelas 8 ini, angkatan Sevenation belajar menjadi pecinta umbi. Kok umbi sih. Iya umbi. Karena umbi mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Umbi jika diolah dengan baik bisa menjadi makanan yang enak dan nikmat. 

Kalau selama ini kita sukanya makan makanan instan berbumbu micin, ayo atuh kita mulai menumbuhkan kesukaan sekaligus belajar bikin makanan berbahan dasar umbi-umbian. 

Prakarya kelas 8 semester ini masih meneruskan pembelajaran blog pribadi dengan menciptakan konten kreatif. Kontennya meliputi karya doodle, desain, tipografi, dan fotografi. Boleh tentang umbi dan topik lainnya yang tentunya bermuatan positif. 

Belajar Blogwalking : Scan QR-Code, like, and comment

Selanjutnya anak-anak bisa saling berkirim komentar dan menyukai tulisan dengan memindai QR-Code blog temannya. Jadi pastikan miliki posternya ya. Bisa diunduh di Google Drive. Jangan lupa diprint agar mudah diakses saat scanning QR-Code-nya. Semakin aktif mengapresiasi dan berkomentar, kita bisa belajar dari tulisan teman dan saling memberi masukan. 

Proyek Tengah Semester : Cooking with Love

Nah momen PTS-nya spesial dengan cinta 😊 karena sebelumnya anak-anak harus memasak penuh cinta bersama ibunya di dapur keluarga. Tentunya makanan/camilan berbahan dasar umbi. Saat PTS tinggal mengumpulkan video hasil shooting masak-memasak di rumah. Jadi silahkan siapkan dari sekarang… πŸ˜‰ 

Kampanye Umbi with Media

Kok kampanye? Kayak pilkada aja πŸ˜…πŸ˜‚ yups, mengapa kampanye? Karena sesi ini kita belajar mengajak dan memengaruhi orang untuk sama-sama mengonsumsi umbi. Ini kolaborasi dengan Bahasa Indonesia April mendatang, khususnya aplikasikan teks persuasi. Boleh pakai media, semacam umbinya langsung, poster, bahkan video. Speak Up juga jadi penilaian yaa… πŸ˜‰

Pameran Pecinta Umbi

Ini menjadi ajang ujian praktek saat Penilaian Akhir Semester. Kalau kelas 7 pameran duta sayuran, kelas 8 menampilkan segala hal tentang umbi. Bentuknya boleh apapun, sesuai konten blog pribadi. Nantinya konten inilah yang dicetak besar dan masuk karya pameran. Masih berkolaborasi dengan Bahasa Indonesia, anak-anak diminta untuk saling mengapresiasi dan mengulas karya temannya. Saling bertukar masukan. Soalnya, siapkan konten istimewa untuk penilaian akhir semester. πŸ˜‰πŸ˜Ž

Step By Step Jadi Pecinta Umbi

  • Dimulai dari doodling umbi-umbian. Ini dilakukan agar kita bisa mendapatkan gambaran besarnya. Mulai dari memahami pengertian, jenis umbi, kategori olahan, sampai manfaat mengonsumsi umbi. 
  • Fokus pada jenis umbi : umbi apa yang paling kamu suka? Mengapa? Bagaimana cara mengolahnya? 
  • Mengenal cara membuat vector umbi-umbian, latihan buat doodle umbi, memilih font yang pas, dan memotret umbi dengan angle menarik. 
  • Mengolah umbi dengan menyiapkan rencana resep makanan, planing proses, pelaksanaan+shoot proses, pengumpulan momen Cooking with Love, dan presentasi hasil olahan lewat foto/video.
  • Kampanyekan umbi lewat manfaatnya dengan media yang dipilih. 
  • Tunjukkan hasil karya cetak dalam pameran akhir semester.

Berikut ini contoh doodle Umbi.

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s