Bunsay IIP, fitrah, Pendidikan

Review Diskusi #7 : Kekerasan Seksual pada Anak

Menyimak diskusi siang tadi begitu membuat miris tak terkira. Banyak kenyataan pahit yang terus terjadi terkait kekerasan seksual pada anak. Bahkan riset menyatakan jika lebih dari 90% korban mengetahui siapa pelakunya.

Banyak judul-judul berita memilukan yang dampaknya menghancurkan generasi anak dan remaja. Bahkan pelaku bisa dari orang terdekat sekitar anak.

Fenomena yang terjadi saat ini karena orangtua minim pendekatan dan pengawasan terhadap anak. Banyak orangtua yang lalai terhadap apa yang digenggam anak sehari-hari lewat gadget mereka. Bukan tidak mungkin anak/remaja menjadi korban karena terperdaya lewat ajakan dari media sosial. Janji untuk ketemuan dengan orang yang baru dikenal kemudian terjadi pelecehan seksual. Nauzubillahi mindzalik.

Apa yang harus dilakukan?

  • Menanamkan rasa malu
  • Mendidik anak menjaga pandangan dan memelihara kehormatannya
  • Memberikan pemahaman bahwa anak jangan sampai terbujuk “kasih sayang” di luar rumah seperti tergiur untuk pacaran, dekat dengan orang asing, dan lain-lain.

Memiliki anak laki-laki dan perempuan di jaman seperti ini begitu berat tantangannya. Kita mesti lebih menjaga anak dan meminta perlindungan Allah dari hal-hal yang bisa mengotori kesucian fitrah mereka.

#fitrahseksualitas #learningbyteaching #bunsaysesi11

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s