Dunia Anak, Foto dan Cerita, Keluarga

#khanzalayyina |Tahun Pertama Penuh Bahagia

Siapa sih yang tak berdebar saat menunggu anak pertama lahir? Sejuta rasa seketika hadir. Mulai dari muncul dua garis merah pada alat test kehamilan hingga perjuangan 18 jam menanti kelahiran. Ada ketakutan menjalar. Antara cemas harap dan kerinduan yang meluap. Rindu mendengar tangisan buah hati kali pertama. Rindu menatap wajah merahnya dengan rambut lebat. Meski harus mempertaruhkan segenap tenaga. Lelah itu luruh seketika begitu si kecil ada dalam dekapan. Memberikan kehangatan tak terkira dengan aroma khas bayi yang baru menyambut dunia.

TAHUN PERTAMA

Tahun pertama Khanza berlalu penuh bahagia. Jemari tangan dan kakinya begitu lincah menopang segala gerak. Celotehnya berupa huruf vokal dan konsonan yang hanya sanggup diterjemahkan oleh bundanya. Qadarullah, Khanza lebih dulu banyak berceloteh dibanding berjalan. Ia lancar berjalan dan berlari kecil saat menginjak usia 16 bulan. Itu pun karena distimulus dengan dibawa ke sekolah tempat saya mengajar. Dengan zona baru selain rumah, ia menapaki lantai demi lantai dengan berpegangan pada dinding lalu lepas tangan perlahan. Sungguh bahagia ketika melihatnya bisa berjalan sendiri.

Momen istimewa pada tahun pertamanya adalah:

  • Allah berikan kesempatan untuk melahirkan normal meski dengan induksi, padahal alat vakum sudah dinyalakan tapi rusak sebelum dipakai. Alhamdulillah Khanza lahir tanpa sempat divakum
  • Antusias saat diajak mengobrol sejak bayi
  • Senang berenang dan bisa dilepas sendiri dengan ban leher pada usia 9 bulan
  • Lulus ASI Ekslusif 6 bulan meski dibantu dengan ASIP selama bundanya mengajar
  • Memberikan bundanya ruang belajar untuk jadi ibu seutuhnya
  • Entah kenapa anak perempuan satu ini anti selimut dan bando/topi. Kalaupun dipakai, ia langsung menyingkirkannya setelah beberapa menit.

Fabiayyi alaaa-i rabbikumaa tukadz-dziban…

Sungguh, mengenang masa-masa awal memilikinya begitu mendebarkan. Hingga sesekali saya membisikinya begini, “Terima kasih ya Khanza sudah lahir. Bunda jadi bahagia.”

 

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s