ODOPers, Pendidikan, SMP Hikmah Teladan, Work by Work

Secuil Kisah Raport PTS dan Sepucuk Surat Anak untuk Orangtuanya

Siapapun yang pernah jadi MK alias Manajer Kelas pasti paham rasanya pekan sibuk olah nilai. Sebagai guru mapel, kegiatan memeriksa tugas baik itu kertas, sketchbook, link blog, sampai video, cukup menguras energi. Apalagi jika dilakukan beruntun tanpa rehat. Juga dadakan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Namun Alhamdulillah tahun ini memang saya tak perlu lembur hingga larut malam di sekolah. Nilai-nilai bisa dieksekusi lebih awal karena ikhtiar para guru mapel yang mengirimkan rekapnya 2 hari sebelum hari H tiba. Ya meskipun ada satu dua guru yang mengirimkan mepet waktu. 😁

Deskripsi Anak

Ini bagian paling mendalam untuk diisi. Karena selain harus membayangkan wajah anak dan sikapnya sehari-hari di kelas, saya pun perlu bantuan guru observer yang memang stay setiap hari.

Memberikan deskripsi bukan saja menilai perilaku namun saran untuk perkembangan belajarnya. Tetiba teringat rekan guru yang punya cara tersendiri dalam menilai sikap anak. Yaitu lewat sebuah Jurnal kelas. Terima kasih Bu H****n πŸ˜ƒ Jadi terinspirasi banget nih untuk meniru jejaknya. Lewat jurnal perkembangan anak secara alfabet, kita setidaknya bisa mencatat perilaku istimewa sang anak, baik yang harus diapresiasi atau disanksi πŸ˜….

Saatnya Mailing

Nah… Ini momen paling mendebarkan dan perlu konsentrasi penuh dalam mengerjakannya. Karena apa? Karena file excel dan word format mailing harus benar-benar sinkron. Kita harus bisa menyesuaikan kolom dan kode mailing sesuai identitas mapel berikut nilainya. Satu nilai saja gejlok tentu fatal jadinya karena raport tidak sesuai progress anak.

Kemarin sempat timbul masalah saat kolom deskripsi terpotong tulisannya padahal kolom tabelnya masih luas ke bawah. Sempat dicoba berbagai cara dengan memperlebar garis kolom di file excelnya. Nah ternyata file excel yang terpotong harus dicopy paste di filw excel yang sudah teruji berhasil tanpa masalah. πŸ˜…

Print Moment πŸ’»

Kalau sudah sinkron, mencetak raport satu per satu juga butuh ketelitian. Pastikan tidak ada satu pun nama siswa yang terlewat. Memegang kertas raport PTS yang hanya 1 lembar ini jadi haru tersendiri karena kita sudah melalui tantangan luar biasa. πŸ˜ŠπŸ˜… Menyusunnya sesuai absen. Menandatangani dan memberi stempel di setiap lembarannya jadi kelegaan tersendiri.

Selain itu, MK juga memberikan label nama pada masing-masing amplop coklat dan diberi stempel.

πŸ“© Sepucuk Surat

Selain raport PTS, MK juga menyisipkan sepucuk surat tulisan tangan anak untuk orangtuanya. Ada yang singkat sampai yang full satu halaman. Alhamdulillah dengan adanya surat ini, setidaknya orangtua tak sekadar fokus pada pencapaian nilai anak tapi pada ikhtiar anak mengutarakan perasaan lewat surat masing-masing.

Oiya surat ini tidak dibuat mendadak karena sudah ditulis jauh-jauh hari ketika acara mabit di sekolah. Alhamdulillah momen ini bukan sekadar mengumpulkan surat tapi menyampaikan surat pada orangtua yang berhak.

⏰ Hari H Tiba

Alhamdulillah raport PTS kelas 7 laris manis. πŸ˜ŠπŸ˜… Dalam artian, orangtua menghadiri dan aktif sharing seputar perkembangan anak. Adapun yang tidak hadir masih bisa dihitung jari karena alasan syar’i. Alhasil raport dititipkan anaknya. Kondisi bagi raport yang bertepatan dengan panggung YPS sempat memecah konsentrasi. Namun Alhamdulillah berjalan lancar dan mengharukan. Beberapa orangtua tak kuasa menahan air mata ketika membaca kalimat dari surat sang anak. Nah yang terakhir datang tidak sempat membaca suratnya karena sudah melewati batas waktu yang diagendakan.

πŸŽ“β³Rencana Bagi Raport Selanjutnya…

  • Menata kelas sebagai galeri karya anak
  • Menyiapkan album kecil-kecilan progress anak dari tiap momen mapel atau kegiatan sekolah (bisa dari uang kas)
  • Memberi anak kesempatan berbagi sesuatu yang bisa dipersembahkan untuk orangtua
  • Menyiapkan momen olah nilai yang tidak mepet waktu
  • Mengarsipkan karya anak sebagai portofolio masing-masing. (Bukan hanya digital, tapi bentuk cetakan)
  • Antologi doodle untuk display kelas
  • Merekap keseharian anak dalam jurnal perkembangan sikap dan belajar

Bismillah. Mudahkan peran sebagai pendidik Ya Rabbi…

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s