Proposal Hidup The Series Kelas 7 : Mengubah Masalah Menjadi Hikmah

on

Bismillah. Alhamdulillah hari ini proposal hidup the series kelas 7 telah terlaksana dengan lancar. Proses presentasi anak-anak dibagi menjadi 2 lokasi yaitu di kelas Abu Bakar dan lab komputer. Bersyukur sekali bisa menyimak pemaparan anak-anak dengan gagasan yang berbeda. Setiap mereka memiliki sudut pandang tersendiri dalam mengangkat masalah yang muncul dalam keseharian.

Bagi siswa kelas 7, tampil presentasi di hadapan guru dan orangtua tentu menjadi tantangan pertama kalinya. Ada rasa degdegan sebelum menyampaikan pesan dari salindia yang dibuat. Ada rasa lega yang meluap ketika sudah rampung di akhir pemaparan. Gagasan yang mereka angkat pun sangat bervariatif dan bahkan membuat orangtua mereka terpana dengan apa yang disampaikan. “Oh anakku ternyata bisa ya menyampaikan sedetil itu, keren.” Ada juga yang merasa dikuatkan dengan masalah yang diangkat dalam bahasan. Masalah yang rasanya ortu pun gereget dengan hal itu. Saat anaknya membahas apa yang mesti diperbaiki, ortu tinggal memotivasi di akhir seraya menitipkan nasihat dalam menjaga konsistensi.

Variasi masalah yang anak-anak angkat sebetulnya berangkat dari keseharian dan kecenderungan diri. Ada yang membahas bagaimana cerdas mengatur uang, memperbaiki kualitas sholat dengan tepat waktu, produktivitas di pagi hari, mengubah kecenderungan berkegiatan di malam hari (aktivitas nokturnal), bagaimana menghindari rasa malas, menggunakan gadget secara bijak, memanage waktu dengan baik, dan memperbaiki pola tidur. Semua yang dibahas rasanya sayang jika hanya sekadar mengendap dalam tampilan presentasi dan menggugurkan tugas saja. Maka misi selanjutnya meneruskan realisasi proposal hidup dalam hari-hari kedepan.

Refleksi dan tindak lanjut kegiatan hari ini :

– Orangtua pun ingin mengetahui bagaimana detailnya isi proposal hidup yang ditulis anak-anak. Ada yang meminta dikirimkan file pdfnya agar bisa saling mengingatkan keterlaksanaan isi proposal hidup.

– Sepertinya jika ada sesi khusus berbagi di kelas yang menyimak proposal hidup satu sama lain akan menjadi inspirasi yang membangun. Betapa masalah bagi satu orang menjadi gagasan yang dikembangkan untuk saling membangun solusi. Seru deh kayanya jika ada sesi ini, meski tidak semua bisa berbagi setidaknya ada beberapa perwakilan siswa yang berbagi kedepan.

Semoga teman-teman kelas 7 memiliki bekal berharga menuju proposal hidup the series selanjutnya dan bisa memantapkan penampilan setiap momentum presentasi dengan interaktif dan komunikatif.

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)